Kamis, 08 Desember 2016

KENEKATAN CAMPUR KESELAMATAN

Tebing Keraton…, sebuah lokasi yang sedang menjadi hit beberapa waktu terakhir. Ada beberapa alasan yang membuat lokasi ini menjadi begitu menarik untuk dikunjungi (termasuk oleh saya). Pertama, pemandangannya yang cukup bagus, meskipun kalo dilihat terlalu lama akan membosankan juga. Kedua, lokasi ini baru saja ditemukan, bahkan penarikkan tiket masuk yang disertai asuransi juga baru dilakukan pada pertengahan bulan Agustus tahun ini (resmi). Ketiga, foto yang beredar di dunia maya yang menurut saya cukup keren bila berfoto diujung bibir tebing, yang sebenarnya hanya sebuah batu yang sedikit tersembul keluar.

Sebuah papan pengumuman peringatan bagi pengunjung menarik perhatian saya, saat datang ke Tebing Keraton. Ada satu baris yang menyatakan bahwa pengunjung dilarang untuk berdiri di bibir tebing yang merupakan bebatuan, karena kondisinya yang tidak stabil. Saat saya mengamati situasi disekitar Tebing Keraton, saya harus mengakui jika lokasi foto terbaik adalah memang diujung sebuah batu yang tersembul keluar. Disisi lain saya juga melihat adanya bekas-bekas pagar dari bambu kecil yang sudah mulai rubuh, sehingga hampir tidak ada pagar pembatas disisi-sisi tebing. Menjelang siang, ada beberapa orang yang mulai melakukan pengukuran dan membawa beberapa bambu yang lebih besar. Rupanya pengelolah tebing hendak membuat pagar pembatas yang lebih kokoh, untuk melindungi pengunjung dari kemungkinan jatuh ke dasar tebing.
Sebuah pertanyaan muncul di benak saya. Jika pembatas pagar bambu yang lebih kokoh selesai dibangun, maka keselamatan para pengunjung akan jauh lebih terjamin. Namun bila seseorang yang ingin berfoto  dengan latar belakang pemandangan hutan, maka dibelakangnya akan terlihat pagar-pagar bamboo, yang mungkin hasilnya tidak akan terlalu memuaskan. Sebaliknya jika pagar tidak dibangun maka pengunjung tetap dapat berfoto di spot terbaik yang ada, namun keselamatan dirinya sangat tidak terjaga. Apakah memang ada korelasi antara kenekatan-foto keren-keselamatan ?. Mungkin yang kredibel menjawab pertanyaan ini adalah para fotografer yang bekerja di National ‘Geographic.
 Saya menilai foto disebelah kiri lebih keren dari sebelah kanan, dengan alasan obyeknya lebih terlihat di bibir tebing dan bahwa ia berdiri di ketinggian juga lebih tampak. Namun.. berdiri seperti di foto sebelah kiri jauh lebih menegangkan dan berbahaya dari pada foto yang disebelah kanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar